Field Trip "Jawa -Bali JMP 43"

Field trip Jawa Bali adalah rangkaian dari karyawisata saat kami masih di bangku kuliah. Entah bagaimana ceritanya perjalanan karyawisata ini bisa terjadi, lupa lupa ingat.
Tujuan utamanya adalah menyambangi perusahaan atau industri pangan yang berada di pulau Jawa dan pulau Bali, selebihnya kami sisipkan untuk berwisata. Jika harus flash back 7 tahun silam mungkin hanya yang tersisa dimemory kepala ini saja yang bisa di ceritakan.

My Team & My Friends

Industri pangan yang saat itu pernah kami kunjungi yaitu :
Yakult, Ultra Jaya, Indofood, Indomilk, Sidomuncul, PT. Indohamafish, Home Industri Keripik Buah Malang.
Tempat wisata selama fieldtrip :
Gunung Bromo & Bali

Yang akan saya bahas disini adalah kedua tempat wisata saat field trip.
Entah tanggal dan bulan berapa saya sampai di surabaya.
Seingat saya malam itu kami tiba di asrama haji Sukolilo Surabaya untuk singgah sementara persiapan pendakian menuju bromo pada dini hari sekitar pukul 02.00.
Sesampainya di asrama kami langsung bergegas menaiki mini bus. Persiapan yang kami bawapun hanya tas dengan isi seperlunya, mantel, sarung tangan, dan tidak lupa yg paling penting koyo untuk di tempelkan pada batang hidung. Tujuannya ketika ada diatas hidung tidak meler bak air terjun yang deras hahaha.

Pendakian menuju puncak gunung pananjakan di pagi buta adalah suatu hal yang baru bagiku saat itu, demi mengejar sunrise alias matahari terbit di kawasan gunung bromo.
Jalanan berupa anak tanggapun kami susuri saat matahari masih bersembunyi dalam malam gelap gulita. Udara dingin malam itu begitu menusuk dan membuat kami bermain main dengan nafas yang berasap.
waktu terus berjalan hingga tiba waktu untuk sholat subuh dengan setia kami menunggu sun shine. Sambil menunggu matahari terbit saya dan beberapa teman turun mencari mushola, dapatlah mushola yang gelap gulita tanpa penerangan tanpa ada air untuk wudhu. Lantai yang kami pijakpun seperti batu es, dingin luar biasa.
Setelah itu kami bergegas kembali mempersipakan kehadiran sang matahari, tapi sayang seribu sayang penantian tak kunjung tiba, ternyata matahari enggan menampakan sinaranya karna cuaca saat itu sedang mendung.
huuuuuuuuaaaaa penonton kecewa.
Sudahlah, kamipun melanjutkan perjalan menuju gunung bromo dengan melewati pasir berbisik yang terkenal sejagat raya.
Tak tahan rasanya tubuh ini berlama lama di kawasan bromo. Dinginnya membuat saya salah tingkah.

Setelah Usai dengan menikmati alam di kawasan gunung bromo kamipun bergegas menuju banyuwangi untuk melangkah ke tujuan selanjutnya yaitu Pulau Bali.
penyebrangan dimulai dari pelabuhan ketapang banyuwangi menuju gilimanuk bali.
Waktu tempuh penyebrangan hanya 30 menit sajah.

Pantai Kuta
sesampainya di gilimanuk kami dijemput EO untuk di antar ke gudang kata kata alias joger. Hanya punya waktu yang super singkat kamipun bergegas menuju pantai kuta bali. Lagi lagi waktu kami sangat singkat, waktu sudah menunjuka pukul 17.00 waktu bali dan kamipun harus segera munuju penginapan.
Keesokan harinya kami pun mengunjungi beberapa tempat wisata di bali yaitu Tanah Lot, GWK, dan Bedegul.

Tanah Lot
Bedegul
Danau Bedegul

Menikmati indahnya alam ini membuat rasa syukurku bertambah.
Cintailah lingkungan disekitar kita dari hal terkecil, yaitu jangan buang sampah sembarangan ya teman.