Visit to Tanah Toraja

Kali ini kita berwisata ke tempat yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.
Tanah toraja tepatnya di desa londa terdapat tempat peristirahatan para arwah khusus masyarakat dari suku toraja.
Perjalanan yang kami lalui yaitu Jakarta, Palopo, Toraja.
Setibanya kami di bandara Hasanudin Makassar kami melanjutka  perjalanan menggunakan travel bus tujuan palopo. Sebetulnya ada bus yang langsung sampai di toraja, hanya saja kami akan melakukan estafet penjemputa teman touring di daerah palopo. Perjalanan Makassar kota menuju palopo kurang lebih 12 jam. Berangkat jam 5 sore sampai di palopo jam 6 pagi. Sesampainya di palopo kita melakukan persiapan ke toraja dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari palopo menuju toraja sekitar pukul 08.00 pagi, dengan target sampai di tujuan pukul 11.00.
Semangat traveller membuat kami lupa rasa kantuk sisa semalam. Perjalanan yang di lalui pun begitu menantang adrenalin, karna rute yang kita lalui jalanannya cukup curam, berkelok dan menawan tat kala berada di puncak gunung. Kami kira itu hujan, ternyata kita berada di puncak gunung yang berkabut. Sayangnya kami lupa apa gerangan nama gunung tersebut.

Touring Palopo - Toraja

Goa Penyimpanan Jenazah
Bus Malam menuju Palopo
Sampailah kami di tempat tujuan pukul 11.00, sesampainya di desa londa tator kami langsung di sambut warga disana yang membawa obor. Sedikit membuat kami kebingungan ada apa gerangan.
Ternyata mereka adalah tour guide untuk mengantar masuk kedalam gua persemayaman jenazah warga toraja. Dimana kita bisa melihat dengan jelas tengkorak berserakan bahkan mayat utuh yang masih barupun ada, ouh Seram yaaaa.

Sayangnya pada kunjungan kita saat itu sedang tidak ada upacara adat yang membuat mayat bisa hidup kembali bahkan sang mayat mampu berjalan. Jadi kunjungan kali ini hanya mengamati susana mencekam di dalam goa yang penuh dengan tengkorak manusia.

Bagi yang beragama muslim jika akan berkunjung kesana bawa bekal ya untuk ganjal rasa lapar, karna akan sedikit kesulitan mencari makanan halal.
Setelah selesai berkeliling kami bergegas meninggalkan londa untuk mencari tempat sholat dan makanan halal. Terdapat mushola kecil di dalam londa, hanya saja sangat memprihatinkan sedikit kurang terawat.

Selang 30 menit kita menyusuri jalan arah pulang kita menemukan satu satunya rumah makan dengan tulisan RM.99 Asma Ulhusna. Insha Allah Halal, karna pada saat kita masuk ke tempat itu semua akhwatnya berhijab dan tersedia mushola yang cukup bersih.
Panjang kali lebar perjalanan pulang menuju palopo kamipun bergegas mencari bus tujuan makassar keberangkatan malam.
Sampai di makassar kota pagi dan kamipun beristirahat disana.
Sangat berkesan dan Alhamdulillah sampai tujuan dengan selamat.

Cintailah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.